Benteng Van Der Wijck, Benteng Segi Delapannya Indonesia

Minggu, Agustus 02, 2015
Benteng Van Der Wijck terletak di Jl. Sapta Marga, Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Terletak di Kota Gombong atau sekitar 21 km dari Kebumen jalan menuju lokasi sudah beraspal dan udah ada sarana transportasi umumnya...


Sesuai judul di atas "Benteng Segi Delapannya Indonesia" kenapa aku bilang gitu ? ya karena emang cuma ada satu benteng yang bentuk segi delapan di Indonesia. Ga percaya? nih liat...


Nih kalo masih ga percaya aku kasih foto yang lebih tinggi...

Gimana, percaya? :ngakaks

Eh tapi katanya katanya orang yang posting artikel di internet ada satu lagi benteng yang bentuknya segi delapan di Australia :matabelo:

Nah kalo kalian mau kesini tinggal buka aja google maps cari tuh Benteng Van Der Wijck, kan udah pada punya hp jadi gausah di jelasin rutenya :D kalo dari kota saya (Cilacap) kira2 bakal makan waktu sejam lah kurang lebihnya...

Setelah sampe kalian harus bayar parkir dulu 3rb/motor, tiket masuknya 25rb/orang, termasuk mahal buat kantongku tapi kita udah free kolam renang sama kereta benteng, tapi tetep aja mahal wong nantinya kolam renang sama keretanya juga ga bakal aku pake tiketnya  :capedes

htm 23 Juli 2015



Jujur awalnya aku bingung kenapa bisa ada "Gedung Diponegoro" ini, tapi setelah berselancar ria akhirnya dapet sedikit pencerahan, jadi gini : 

" Van Der Wijck dibangun saat Perang Diponegoro dengan cara kerja paksa
 yang nantinya digunakan Belanda untuk mempersempit ruang 
gerak pasukan Pangeran Diponegoro."

Jadi zaman dulu sewaktu penjajahan Belanda mereka menggunakan taktik Benteng Stelsel, pasti kalian udah dapet pelajaran ini kan dulu? Benteng Stelsel yaitu taktik membangun benteng2 di daerah yang sudah mereka kuasai untuk tujuan pertahanan dari musuh atau untuk mempersempit ruang gerak mereka. Nah karena di wilayah ini dulunya Belanda lagi berantem sama Pangeran Diponegoro jadi mungkin itu referensi dari "Gedung Diponegoro" ini, maybe sih aku juga gatau :ngakaks


Dibangun tahun 1818 atas perintah Jenderal Van den Bosch benteng ini mempunyai tinggi 10 meter, tebel 1,4 meter, luasnya 7.168 meter persegi dan dibangun dua lantai. Lantai pertama punya 4 pintu gerbang, di dalemnya ada 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil. Selain itu ada 72 jendela dan 8 tangga untuk ke lantai dua yang memiliki 16 ruangan besar dan 25 ruangan besar.

Di lantai satu nanti ada ruangan khusus yang isinya foto2 benteng jaman dulu dan proses pemugaran dan lain2. Pemugarannya sendiri diresmikan tanggal 5 Oktober 2000.


Selain itu diruangan ini juga ada foto2 artis yang pernah main di sini kaya Slank, Farah Quinn sampai film The Raid 2. Mungkin ini yah yang bikin tiketnya mahal :bingungs







Nah ini sedikit foto2 di lantai satu...


Setelah puas di lantai satu kita coba ngelilingin benteng, naik ke lantai dua terus nyoba ke puncaknya dimana kereta benteng berada :D

kasian banget yah nih jomblo, merenungi nasib mungkin :ngakaks

mau naik ga? :ngakaks

Mungkin mau baca sejarah lengkapnya bisa kunjungi kebumen2013.com

Video :



Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »