Double Trip Menjamahi Kemistisan Gunung Selok dan Pantai Sodong

Kamis, Juli 02, 2015
Oleh masyarakat sekitar, Gunung Selok terkenal dengan hawa mistis yang kental, soalnya di tempat ini terdapat makam dan berbagai macam padepokan seperti Padepokan Jambe Lima, Padepokan Jambe Pitu, Padepokan Kaendran, dan Padepokan Agung Sang Hyang Jati. Selain itu gunung ini juga kerap di gunakan untuk ziarah mencari berkah, biasanya para peziarah akan ramai datang pada malam selasa kliwon, malam jum'at kliwon dan pada bulan Suro, terutama pada tanggal 1 Suro.


Tempat wisata ini sendiri terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Gunung Selok sendiri mempunyai luas 126,20 ha. Untuk menuju lokasi kalau dari arah cilacap ataupun luar kota kalian harus menuju adipala, kemudian setelah sampai di bangjo terminal adipala ambil arah menuju jalan srandil, nantinya kalian bakal masuk daerah Desa Wisata Karangbenda...


Nah dari sini kalian masi lurus, nanti plang Gunung Selok ada di kanan jalan, lama perjalanan ke sini sekitar 30menit...


Dari sini kita tinggal ikutin jalan aja, ntar ada pos retribusi, bayar 4000/orang...


Kemudian kita masih harus riding lagi kira2 5-10 menit sampai lokasi parkir. Awal2 jalannya sudah teraspal bagus tapi lama2 berubah menjadi dominan batu dan aspal yang sudah bolong2.


Di tempat parkir ini kemarin saya bayar 2000/motor (bayar waktu pulangnya). Setelah itu untuk menuju Pantai Sodong kita masih harus trekking lagi kira2 15menit...


Setelah melewati gapura jalanan yang kita lewati masih bagus dan tertata dengan rapi...

udah keliatan tuh Pantai Sodong nya

Di sini kalian bakal nemu persimpangan, ambil kiri yang jalannya menurun, kondisi jalan di sini di dominasi batuan dan tanah, di sekeliling jalan sudah hutan atau pepohonan...


Setelah menuruni anak tangga terakhir kita udah sampai...


Kalau kalian mau melangkahkan kaki lebih jauh sedikit lagi kalian bakal sampe di Pantai Sodong yang khas dengan pohon cemaranya. Selain itu di sini juga di sediakan semacam bangku yang di gantung dan ayunan, coba kalian rasain sendiri sensasi tiduran di pinggir laut sembari menikmati suasana pohon cemara di tiup angin hehe

Oh ya nantinya bakal ada ibu2 yang nyamperin kalian untuk bayar tiketnya, 10rb+minuman/orang.



Tips :

1. Alangkah lebih baik ketika kemari kalian menggunakan sandal gunung, karena trek dalam perjalanan berbatu, pasir dan becek di titik2 tertentu. Selain lebih nyaman di gunakan kalian pun akan terhindar dari resiko terpeleset.

2. Sebelum berangkat pastikan kondisi rem kendaraan kalian baik mengingat kita akan melewati gunung yang kondisi jalannya naik turun dan bebatuan.

3. Jagalah kesopanan kalian, jangan berkata jorok, membuang sampah sembarangan apalagi berbuat mesum di sini, ingat tempat ini merupakan tempat yang di keramatkan oleh penduduk sekitar.


Ok semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »