Pesona Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran

Jumat, Maret 06, 2015
Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu wisata alam yang tergolong masih baru di Jogja. Untuk anak kos (saya) paling ga betah kalo lama2 di kosan ya makanya waktu libur kuliah saya gunakan untuk sekedar me-refresh pikiran dari rutinitas kampus. Curug Kedung Kandang, mungkin terdengar "masih" asing bagi sebagian orang tapi akhir2 ini wisata ini lagi ramai di kunjungi lho.


Terletak di Dusun Gunungbutak RT 021 RW 005, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Dari Gunung Api Purba Nglanggeran lurus sampai nemu Embung Nglanggeran, nah dari sini masih lurus dikit ntar nemu warung mie ayam di kiri jalan, pas pertigaan belok kanan sampai nemu lapangan voli di kanan jalan dari sini udah keliatan curugnya. Saya kesini tanggal 19 Februari 2015 bersama 2 orang remaja asal Bantul yang sekaligus merangkap menjadi penunjuk jalan hehe

Nah untuk tiket masuknya masih gratis gan, cuma ada kotak sukarela yang di letakkan di atas kursi.

lokasi jalan menuju curug


Untuk mendekat ke curug kita harus trekking melewati persawahan Bendo, memang kelihatannya curug sudah dekat tapi trekking cukup jauh karena kita harus melewati area persawahan yang jalannya cukup sempit, berlumpur dan tentunya licin, saya sarankan jika berkunjung kesini pakai sandal saja atau lebih bagus pakai sandal gunung karena pengalaman saya pakai sepatu (gara2 ga dikasi tau bakalan ketemu trek gini) percuma, selain kita harus copot sepatu di trek2 tertentu sepatu kita jadi basah dan kotor oleh lumpur. Trekking ke lokasi kira2 15 menit.

Nah setelah sampai di bawah perjalanan di lanjutkan menyusuri sungai yang beralaskan batuan hitam vulkanik. Aliran sungai tidak begitu deras tetapi mesti harus hati2 agar tidak terjebak kubangan di tengah sungai.

noh kan lepas sepatu 

Setelah menyusuri sungai sampai di curugnya.


Nah setelah sampai sini coba trekking ke atas lagi ntar nemu gini.

ini yang namanya kedung kandang


Nah ini view di atas pas kita mau balik.


Oh ya jika berkunjung ke sini di sarankan saat musim penghujan karena Kedung Kandang merupakan air terjun musiman.

Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
9 Maret 2015 17.37 delete

Kayak di Ubud, terima kasih untuk rutenya mas. Saya udah dari dulu pengen kesini tapi nyepeda :-D

Reply
avatar
9 Maret 2015 23.19 delete

waah airnya coklat :|
tapi aku pengen mandi di air terjun gitu :D

Reply
avatar
10 Maret 2015 07.40 delete

keren to mas nyepeda :D

Reply
avatar
10 Maret 2015 07.41 delete

gapapa kok mas nyeblung aja :D

Reply
avatar
Miss Risna
AUTHOR
21 Maret 2015 18.42 delete

semoga besok kalau udah terkenal dan dikelola, sawahnya masih tetap sawah bukan bangunan non permanen atau permanen yang membuat keindahan air terjun berkuurang ^^v

Reply
avatar
23 April 2015 19.39 delete

Mohon dibetulkan alamatnya, yang benar terletak di Dusun Gunungbutak RT 021 RW 005, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY ( Masih dalam 1 Pokdarwis Gunung Api Purba). Meluruskan biar kedepan betul dalam menyampaikan informasi, dan saya ucapkan terimakasih temen2 dah membantu menyebarkan info destinasi wisata baru di kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Reply
avatar
24 April 2015 03.08 delete

ok mas suwun koreksinya :)

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
4 April 2016 06.59 delete

mantap boss kedung kandang emang keceeeh badai daahhh

Reply
avatar