Solusi Atasi Komstir Vixion Oblak

Rabu, Juli 23, 2014
Pernah di pusingkan dengan komstir yang oblak ? sudah ganti yang ori pun masi oblak? merasa percuma karena hanya membuang buang uang tanpa hasil yang memuaskan? tenang saja kali ini saya akan membahas sedikit mengenai komstir vixion yang sering oblak beserta solusinya...

Meskipun berukuran kecil part yang satu ini cukup lumayan menguras kantong lho, bayangkan harga komstir ori lokal mencapai 200rb an sementara ori jepang 400rb an. Sedikit review dari temen2 saya yang sudah ganti komstir ori lokal hanya bertahan sekitar setengah tahun aja. Memang setelah saya perhatikan bahan komstir ori lokal tidak begitu bagus. Saat akan saya lepas kan di getok tuh ehhh di getok dikit aja udah peot, kalo mau pake yang bagus ya pake yang ori jepang tapi kalo buat saya engga deh, harganya itu lho haha...

Mur komstir vixion


Solusinya coba beli mur komstir Jupiter MX di beres harganya 31rb. Kenapa mur komstir Jupiter MX? secara murkom mx lebih tebal bahannya juga lebih kuat dari punya vixion sehingga lebih tahan terhadap hentakan, tentunya pnp vixion oh ya di bengkel2 biasa juga ada murkom mx mulai dari harga 5rb - 15rb. Tapi you know lah pasti kualitasnya jauh di bawah yang ori mx :ngakaks

Kode part mur komstir Jupiter MX ori

Mur komstir Jupiter MX ori

Atas ORI bawah KW
pict : Efunk Savarilla

Nah untuk cara gantinya ;

1. Seperti biasa

palu, obeng (-) atau benda tumpul sejenisnya, kunci 17, kunci 8, kunci L

2. Lepas baut flange dan washer


3. Kendorkan baut crown handle


4. Lepas baut pengikat antara crown handle dengan rangka plat nomor 


5. Lepas crown handle


6. Lepas murkom vixion dengan cara di getok

merah : murkom vixion atas          hijau : karet komstir
biru : murkom vixion bawah          putih : pengunci murkom

Jika murkom mx ingin di taruh atas cukup lepas murkom vixion bagian atas saja, tetapi jika ingin di taruh bawah lepas murkom vixion atas dan bawah kemudin murkom mx  taruh di bawah dan murkom vixion di atasnya. Jangan lupa LEPAS KARETNYA ! Untuk pengunci murkom boleh tetap di pasang atau di lepas.

karet komstir vixion

7. Pasang dan rapikan kembali 

Atas Vixion bawah MX + pengunci murkom

Hasilnya mantep gan udah saya coba pake hajar lubang2 di jalan adem aja tuh ga ada bunyi2 an :ngakakstapi inget gan cara ini tidak 100% menjamin komstir enak di pakai, yaaa 90% lah.
Semoga bermanfaat :ngacir

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

74 komentar

Write komentar
Suwen ndi
AUTHOR
27 Juli 2014 10.57 delete

Thanks bro tuk info dan tutorialnya,.

Reply
avatar
29 Juli 2014 08.45 delete

sama sama gan, makasih udah mampir :D

Reply
avatar
8 Oktober 2014 02.42 delete

ini dia si jali -jali...thanx bro.....

Reply
avatar
John
AUTHOR
2 Desember 2014 06.51 delete

Gan, nanya boleh ya, hehehe
Kan kmren ane ganti komstir (5/6bulan lalu) di beres, tapi koq stelah ganti ttp oblak?
Ane g sempat komplain smp skrg krn g ada wkt,
Itu kira2 knp yah?
Pemasangannya yang salah ato gmn??thx

Reply
avatar
8 Desember 2014 22.05 delete

IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
PADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762

KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

Reply
avatar
31 Desember 2014 21.09 delete

bisa pemasangannya yg salam gan

Reply
avatar
mamah bapak
AUTHOR
12 Maret 2015 19.13 delete

gan saya mau minta solusinya , kan comstir saya udah parah banget ,mending ganti yang baru atau ganti mur comstir nya aja pake jupiter mx

Reply
avatar
21 Maret 2015 21.11 delete

coba pake punya mx dulu gan siapa tau mendingan ntar

Reply
avatar
indra alfi
AUTHOR
21 Maret 2015 22.12 delete

trima kasih kasih mas bro..info nya sangat berguna,,bsk cb msk ke bgkel langganan,,,klu resmi di suruh ganti komstir....thank...

Reply
avatar
22 Maret 2015 01.58 delete

iya gan di coba dulu siapa tau ntar jadi mendingan :)

Reply
avatar
Denny Yusuf
AUTHOR
11 April 2015 19.40 delete

Min,vixion ane goblag. Klo ada jalan rusak apa lagi pas ngerem atau ada polisi tidur, kerasa bgt bunyi tek...tek...tek...
Itu ganti mur mx atas atau bawah nya? Ane masih bingung. Atau di pasang ke 2 nya atas dan bawah? Blz ya min. Thanks...

Reply
avatar
Denny Yusuf
AUTHOR
11 April 2015 19.42 delete

Gan itu ganti mur mx atas atau bawah nya? Ane masih bingung?

Reply
avatar
12 April 2015 00.51 delete

atas bawah sama aja kok, jangan lupa karetnya di lepas

Reply
avatar
26 April 2015 00.14 delete

berarti karetnya gak usah dipasang ya

Reply
avatar
11 Mei 2015 20.43 delete

wah infonya jos banget nih,

thanks min,

Reply
avatar
25 Mei 2015 02.33 delete

maksudnya 90% tidak enak dipakai tu gmn ? setangnya jadi rada miring sendiri atau agak berat nikungnya ?

Reply
avatar
26 Mei 2015 03.45 delete

oblaknya ga bener2 hilang 100% om

Reply
avatar
Misrani Tipo
AUTHOR
31 Mei 2015 22.11 delete

mau nanya gan....
Kalau stang ppas belok atau kena lubang susah dikendalikan(belok-belok dikit) itu gimanaa gan?
Ganti comstir atau gimana?
Soalnya sudah hampir setengah tahun begitu gan.
Terimakasih sebelumnya

manchunesia.blogspot.com
dp-bbmterbaru.blogspot.com

Reply
avatar
1 Juni 2015 20.00 delete

coba ganti komstirnya dulu gan

Reply
avatar
afbin ak
AUTHOR
2 Juni 2015 22.06 delete

Gan kalau ganti muskom yg atas aja trus murkom bawah vixion apa mesti di ketatkan juga?

Reply
avatar
3 Juni 2015 00.07 delete

di ketatkan gmn maksudnya?

Reply
avatar
afbin ak
AUTHOR
3 Juni 2015 19.44 delete

Gan itu murkom jupiter mx thun brapa ya?

Reply
avatar
4 Juni 2015 05.08 delete

bilang aja mur komstir jupiter mx

Reply
avatar
afbin ak
AUTHOR
4 Juni 2015 06.44 delete

Lah saya kmrin blgnya gtu malah ditanya jupiter mx yg tahun brapa?.
Apa sama yg lama dgn yg baru?

Reply
avatar
Dewa Putra
AUTHOR
8 Juli 2015 14.41 delete

Gan komstir mx pnp di semua jenis vixion termasuk nvl sama nva juga?
Thanx b4

Reply
avatar
2 Agustus 2015 03.33 delete

sepertinya hanya untuk old vixion saja mas ~

Reply
avatar
4 Agustus 2015 06.49 delete

bro...klo pas lewat jalan rusak..polisi tidur...itu terasa banget kayak benturan gitu padahal kan ada per/sok depan...bunyi klutu klutuk gitu...knp ya gitu..apanya itu bro

Reply
avatar
4 Agustus 2015 06.52 delete

kata org bengkel konisnya apa betul...saran bro

Reply
avatar
14 Agustus 2015 06.24 delete

shock depan di turunin ga om? kalo iya bisa aja benturan sama spakbor depan. kalo engga coba aja dulu ganti pake punya mx

Reply
avatar
14 Agustus 2015 06.26 delete

coba dulu bro pake punya mx murmer juga

Reply
avatar
ekin
AUTHOR
15 Agustus 2015 20.51 delete

Bro jika karet komstir di lepas karena rusak n hanya pakai murkom ori vixion apakah ada masalah?

Reply
avatar
Beno William
AUTHOR
26 Agustus 2015 16.14 delete

gan,,itu karet nya yg di stang kopstir ...ada yg jual gak? namanya apa ya? klo pgn beli?

Reply
avatar
29 Agustus 2015 20.08 delete

ditoko2 biasa ada kayaknya kalo ga coba cari didealer, bilang aja karet komstir

Reply
avatar
29 Agustus 2015 20.09 delete

kalo masih pake murkom ori sebaiknya karet tetep terpasang

Reply
avatar
2 September 2015 22.32 delete

Kalo dua duanya pke murkom mx gmna gan?

Reply
avatar
4 September 2015 20.47 delete

gabisa gan karena tebal komstir ori sama punya mx beda

Reply
avatar
6 September 2015 07.24 delete

Gan, ane uda ganti komstir ori lokal, hanya seminggu terasa enak, stelah itu lewat jln berlubang atau polisi tidur keras bgt dan berbunyi. Terasa bgt capek nya. Apa ada masalah di sock ya? Kl ane genjot enak2 aja. Motor ane new vixion th 2013

Reply
avatar
acbar perdana
AUTHOR
17 September 2015 05.16 delete

ijin tanya gan,, kalo karet yg d bawah murkom itu namanya apa ya gan?

Reply
avatar
acbar perdana
AUTHOR
17 September 2015 05.18 delete

murkom bawah maksudnya gan 😊😊

Reply
avatar
7 Oktober 2015 17.45 delete

bilang aja karet komstir

Reply
avatar
7 Oktober 2015 17.47 delete

shocknya diturunin ga? kalo engga coba aja dulu pake punya mx, semoga mendingan

Reply
avatar
ari sarni
AUTHOR
11 Oktober 2015 23.50 delete

Terimakasih atas infonya mas.

Reply
avatar
12 Oktober 2015 21.11 delete

Ijin tanya gan vixion old ane klo buat nikung susah banget rasanya mo lurus aja terus klo kena lubang dikit aja oblak nya kerasa banget, apa ada pengaruhnya ya habis buat nabrak? Terima kasih
kasih

Reply
avatar
TITO SUKMA
AUTHOR
23 Oktober 2015 05.01 delete

om, nanya om,
punya saya buat belok goyang, apa lg belokan digunung tuh,, ngeri om..
perlu ganti mur nya aja apa semua 1set?

Reply
avatar
Inaf Suwanto
AUTHOR
24 Oktober 2015 21.18 delete

om sori melenceng. kalo murkom mx ini dipasang ke scorpio z 2005 pnp apa gak ?

Reply
avatar
Inaf Suwanto
AUTHOR
24 Oktober 2015 21.19 delete

om sori melenceng. kalo murkom mx ini dipasang ke scorpio z 2005 pnp apa gak ?

Reply
avatar
7 November 2015 10.01 delete

waduh. .. susah ni cari murkom mx yg ori. di beres pd ga ada semua. terpaksa beli yg KW nih gan? kira2 gmana, kuat nggak ya?

Reply
avatar
7 November 2015 19.15 delete

oya gan, kenapa karet komster musti d lepas ya? ngaruh d apanya?

Reply
avatar
12 November 2015 23.37 delete

Gan, mau tanya saya baru aja ganti komstir vixion di bengkel resmi. Habisnya 480.000. Biaya gantinya emang sekitaran segitu ya

Reply
avatar
ihsan fahza
AUTHOR
1 Desember 2015 07.06 delete

buat para NVL klo komstir kalian bunyi cetek2 jgn pernah bawa ke dealer.
4 hari yang lalu NVL gw bernasib sama bunyi cetek2, sedikit promosi buat daerah depok, datang aja ke permahan sawangan permai depok disitu ada bengkel nama nya om ade yang biasa gw panggil ga habis sampe 200rts komsitr enak ga bunyi2 lagi dijamin
klo biar lebih akrab sama montirnya bilng aja dapet link dari ihsan tq

Reply
avatar
agous susanto
AUTHOR
4 Januari 2016 02.12 delete

Nvl masuk kok, ane td jg abis kombinasiin murkom mx sama murkom nvl..
Oblak lumayan teratasi..

Reply
avatar
agous susanto
AUTHOR
4 Januari 2016 02.14 delete

Itu ori jepang gan
Klo ori lokal mah paling cuma 200 K

Reply
avatar
agous susanto
AUTHOR
4 Januari 2016 02.16 delete

Komstri diganti apa enggak gan?

Reply
avatar
Putu Eka
AUTHOR
12 Januari 2016 02.13 delete

Bsk mau tak cb nih

Reply
avatar
Putu Eka
AUTHOR
12 Januari 2016 02.13 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Galihrezah™
AUTHOR
27 Januari 2016 20.01 delete

Punya q nva baru 4 bulan udah oblak hahahaha

Reply
avatar
Juanda Tama
AUTHOR
8 Februari 2016 09.16 delete

Gan jadi maslah stang saat nabrak lobang bunyi keltak keltok bukan masalah di mangkok stangnya ya?
Soalnya ane baru ganti mangkok stang tp masi sedikit bunyi juga
Mohon solusinya ya gan.
Tnks sblmnya

Reply
avatar
Aguz Cysers
AUTHOR
2 Maret 2016 19.28 delete

punya r15 sama gak kayak vixion?

Reply
avatar
candi menak
AUTHOR
5 Maret 2016 22.15 delete

Saya sudah ganti menggunakan murkom mx yang agan rekomendasikan, tapi pantulan tersebut tetap ada ? Apa yang seharusnya di stel kembali ? Sebelumnya tepatnya kemarin saya pun sudah ganti komstir memakai indopart

Reply
avatar
candi menak
AUTHOR
5 Maret 2016 22.16 delete

Saya sudah ganti menggunakan murkom mx yang agan rekomendasikan, tapi pantulan tersebut tetap ada ? Apa yang seharusnya di stel kembali ? Sebelumnya tepatnya kemarin saya pun sudah ganti komstir memakai indopart

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 April 2016 20.09 delete

min, mau tanya, motor saya itu lehernya ngegajlek kalo ada lubang, atau polisi tidur, apalagi pas ngerem kaya yg mw copot gitu, nah itu apa ya? komstir atau apanya?
makasih min, di bales ya heheh

Reply
avatar
8 Mei 2016 08.06 delete

ane bru ganti komstir gan tp masih aja bunyi. trus klo jln pelan terasa kaya motor speleng minta solusi'a donk gan

Reply
avatar
Pijar Pratama
AUTHOR
26 Juni 2016 07.45 delete

Coba ganti bearing roda depan klo mau skalian ganti as roda nya

Reply
avatar